MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI

MENINGKATKAN KUALITAS SUMBER DAYA MANUSIA GUNA MENINGKATKAN DAYA SAING EKONOMI

Penulis : Nasywa


Source : https://www.istockphoto.com/photo/human-resources-employment-job-teamwork-computer-technology-conc-gm488690790-74322741

Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) mulai tahun 2019 dan selanjutnya menjadi strategi pembangunan bangsa Indonesia ke depan,  pilihan strategi  tersebut diupayakan untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi yang dibutuhkan dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat. Urgensi pembangunan  sumber daya manusia menjadi faktor dalam memenangkan persaingan global, yang membawa konsekuensi semakin ketatnya persaingan ditengah ketidakpastian, langkah strategis ini sudah selayaknya mendapatkan dukungan penuh  dari seluruh  pemangku kepentingan. Penguatan sumber daya manusia menuju manusia unggul memiliki korelasi yang erat dengan peningkatan produktivitas kerja, dalam memenangkan persaingan ditengah perubahan-perubahan yang berlangsung cepat dalam dunia bisnis, ekonomi politik dan budaya.

Di tengah gejolak ekonomi dunia yang semakin bersaing, Indonesia dituntut untuk tetap konsisten menaikkan angka pertumbuhan ekonomi, untuk menjawab masalah peningkatan kesejahteraan rakyat. Hal ini bebarengan dengan besarnya harapan untuk menjadikan Indonesia sebagai  negara maju dengan potensi demografi  dan sumber daya alam. Harapan ini tidaklah berlebihan bila melihat capaian pembangunan yang telah berhasil diraih oleh bangsa Indonesia dalam waktu akhir-akhir ini, juga beberapa prediksi  lembaga survei asing, yang memproyeksikan Indonesia  akan  sejajar dengan Cina dan Amerika Serikat sebagai negara dengan ekonomi terbesar di dunia pada tahun 2030.

Di masa kini, teknologi dan globalisasi terus berkembang, membuat persaingan pasar global menjadi semakin ketat. Oleh karena itu, setiap negara harus selalu memastikan bahwa Sumber Daya Manusia mereka berkualitas dan siap untuk menghadapi persaingan tersebut. Sumber Daya Manusia yang berkualitas mencakup kemampuan, keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman yang dimiliki oleh setiap individu. Dalam meningkatkan semua aspek Sumber Daya Manusia diperlukan pendidikan dan pelatihan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang akan membantu setiap individu untuk memperoleh keterampilan dan pengetahuan dalam dunia kerja. Selain itu, dengan mengingkatnya kualitas Sumber Daya Manusia memungkinkan untuk meningkatkan daya saing suatu negara.

Berikut beberapa cara untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia untuk mendukung pembangunan ekonomi adalah sebagai berikut:

1.    Megadakan pelatihan keterampilan yang bisa diikuti oleh semua kalangan.

2.    Memberikan pendidikan atau edukasi yang mudah dipahami dan didapatkan oleh semua kalangan.

3.     Mengadakan pembinaan dengan mengembangkan kualitas atau potensi yang dimiliki masyarakat atau individu.

4.    Melakukan advokasi mengenai perubahan kebijakan atau sistem pendidikan agar menjadi lebih baik dan menciptakan kesetaraan dalam memperoleh pendidikan.

5.    Menciptakan suatu kesempatan untuk setiap kalangan agar bisa berkontribusi dalam suatu project atau kegiatan.

6.    Memberikan penghargaan kepada individu atau masyarakat yang berkontribusi aktif dalam suatu kegiatan, dengan tujuan untuk memberikan motivasi atau dorongan kepada masyarakat lainnya agar dapat ikut berkontribusi aktif dalam setiap kegiatan.

 

Sumber:

 

Tsabilah, Alya. (2023). “Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Pembangunan Ekonomi”.  Diakses pada 07 Mei 2023, dari

https://www.kompasiana.com/alyatsabitah3114/640191fb10d8e038b61d3dc2/pentingnya-pengembangan-sumber-daya-manusia-dalam-pembangunan-ekonomi

Pratiwi, Amalia. (2021).” Cara Meningkatkan Kualitas SDM”. Diakses pada 07 Mei 2023, dari https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=2489#:~:text=Cara%20meningkatkan%20kualitas%20Sumber%20Daya,pelatihan%20di%20luar%20lembaga%20pendidikan.


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama