Strategi Belajar Akuntansi Dasar


Hasil gambar untuk gambar akuntansi


Di dalam mata kuliah semester I semua jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi pasti mendapatkan mata kuliah yang namanya Pengantar Akuntansi. Kenapa ? sebab, mata kuliah Akuntansi Dasar adalah mata kuliah dari cabang ilmu ekonomi yang nantinya pasti juga di butuhkan dan sebagai pedoman dalam penghitungan pembuatan anggaran. Akan tetapi, mata kuliah ini lebih banyak pembahasannya secara kompleks pada jurusan Akuntansi itu sendiri.

Banyak survey sederhana saat kelas mata kuliah Pengantar Akuntansi berlangsung, bahwa dari 62 mahasiswa dari satu rombel. Yang paling menguasai materi akuntansi adalah mahasiswa yang dulunya dari jurusan SMK Akuntansi. Untuk mahasiswa yang dulunya dari SMA sendiri harus mengejar untuk bisa lebih paham tentang materi yang di sampaikan oleh Bapak atau Ibu dosen yang mengajar di kelas. Misalnyapun pada saat di berikan praktek soal tentang PDA (Persamaan Dasar Akuntansi) kemudian beralih ke siklus akuntansi. Dalam penysusunan laporan keuangannya pun, pasti yang selesai lebih cepat yaitu mahasiswa yang dulunya dari SMK, kenapa ? karena mahasiswa yang dulunya dari SMK sudah sering melakukan praktek dan ada hitungann waktunya dalam mengerjakan soal praktek yang diberikan Bapak atau Ibu guru semasa SMK dulu.

Tidak hanya dalam segi itu saja. Akan tetapi, terkadang saat Bapak atau Ibu dosen menjelaskan materi yang disampaikan di depan kelas ada 1/3 mahasiswa yang melamun dan berbisik-bisik berbicara dengan temannya. Apalagi mahasiswa yang duduk di bangku paling belakang, mereka ada yang tidur dan merasa kurang paham kaena suara Bapak atau Ibu dosen tidak terlalu jelas sampai jangkauan bangku paling belakang. Sehingga, biasanya mahasiswa yang duduk dibangku belakang kurang paham dan malah ada juga yang menyepelekan.

Nah, belajar apapun itu sebenarnya kuncinya adalah “Niat dan Mau”. Kalau tidak ada niat dan kemauan maka juga tidak akan sejalan, seperti hati mengatakan iya tetapi otak mengatakan tidak, sehingga tidak ada keselarasan dalam melangkah. Begitupula dengan belajar akuntansi. Akuntansi merupakan mata kuliah yang membutuhkan penalaran dan penggunaan logika dalam pencatatan keuangan. Berdasarkan istilah, kata akuntansi berasal dari bahasa inggris to account yang berarti memperhitungkan atau mempertanggung jawabkan. Akuntansi adalah kegiatan jasa yang memberikan informasi kuantitatif mengenai kesatuan-kesatuan ekonomi terutama yang bersifat keuangan yang bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Akuntansi juga merupakan suatu seni mencatat, mengklasifikasikan dan mengikhtisarkan transaksi-transaksi kejadian yang sekurang-kurangnya atau sebagian bersifat keuangan dengan cara menginterpresentasikan hasil-hasilnya.

Akuntansi semacam organisme, jika salah satu organ sakit maka keseluruhan tubuh juga akan merasakan sakit. Jika dalam pencatatan jurnal umum salah maka buku besar, neraca saldo bahkan sampai laporan keuangannya pun juga akan salah sehingga harus benar-benar teliti dan membutuhkan konsentrasi yang cukup tinggi. Mengingat akuntansi merupakan ilmu yang membutuhkan pemahaman dan praktek maka kunci utamanya aalah harus serius, terampil, sabra, teliti, dan ulet. Artinya dalam mengerjakan tugas akuntansi harus paham terlebih daahulu dengan konsep akuntansi dan juga jangan malas dalam mempraktekkan konsepnya

Apasih prakteknya? praktekya yaitu tentu saja berupa membuat jurnal umum, latihan memposting ke buku besar per nama akun, latihan membuat jurnal penyesuaian, sampai membuat laporan keuangan dengan cepat dan tepat tanpa ada kesalahan dalam menulis atau mencaatat transaksi keuangan. Misalnya, saya menulis Kas Rp 1.000.000,00. Padahal seharusnya Kas Rp 10.000.000,00 itu juga sudah kesalahan fatal, karena kurangnya teliti dan cermat pada kita, biasanya hal inidisebabkan kaena kita terlalau gugup dalam mengerjakan soal. Selain itu, tips-tips lainnya adalah kita harus terapkan ini dalam pengerjaan dan mempelajari akuntansi antara lain :
 
1. Sebelum kuliah berlangsung
Pada tahap ini usahakan dilakukan sehari atau semalam sebelum mata kuliah berlangsung. Kegiatannya antara lain :
a. Membaca RPS terlebih dahulu, kemudian buka buku dasar akuntansi tentang materi yang akan dibahas di hari besok. Baca bukunya dengan seksama, urut,cermat, dan jangan tergesa-gesa supya dapat paham dan mengerti. Pastikan dalam membaca tidak terlalu cepat yang paling penting kita dapat memahami materi apa yang sudah kita baca.
b. Memberi tanda pada hal yang penting
Berilah tanda pada hal yang kita anggap penting seperti pada saat kita membaca buku lita menemukan istilah atau rumus atau apa saja kita bisa memberikan stabilo pada kata yang kita anggap penting, jika tidak dengan stabilo kita bisa garis bawahi kata atau kalimat yang menurut kita penting dengan bolpoint atau spidol.
c. Memahami contoh soal
Memahami contoh soal yang ada dibuku, jika kita telah paham maka kita sudah paham konsep akuntansinya juga. Sehingga jika ada soal yang hamper sama komsepnya kita bisa mengerjakan soal tersebut dengan mudah.
d. Membuat rangkuman atau ringkasan
Setelah membaca buku, sebaiknya kita membuat rangkuman atau ringkasan singkat dengan tulisan atau skema atau peta konsep sesuai pemahaman kita, sehingga apabila kita mau mengulang materi itu lagi lebih mudah. Dan apabila ada materi yang kurang dipahami, catatalah lebih dahulu, kemudian besok saat mata kuliah akuntansi berlangsung bisa ditanyakan dengan Bapak atau Ibu dosen yang mengajar.
 
2. Pada saat pembelajaran berlangsung
Pada tahap ini mahasiswa sudah siap menerima materi mata kuliah akuntansi karena sudah membaca materi yang akan dibahas. Yang dapat dilakukan oleh mahasiswa adalah :
a. Memilih tempat duduk yang nyaman, kalau nisa dibangku yang dekat dengan LCD atau papan tulis. Sehingga, saat Bapak atau Ibu dosen menjelaskan lebih paham dan konsentrasi penuh.
b. Mematikan semua alat komunikasi atau memasukkan alat komunikasi di dalam tas dengan men-silentkan handphone supaya konsentrasi tidak terganggu.
c. Focus pada pelajaran yang sedang berlangsung dengan cara jauhkan pemikiran yang tidak ada kaitannya dengan kuliah.
d. Hindari kesibukan mencatat, karena hal ini dapat membuat konsentrasi mahasiswa terpecah sehingga dapat membuat focus mahasiswa ke ganggu.
e. Mengajukan pertanyaan kepada Bapak atau Ibu dosen yang belum dipahami atau kurang jelas. Penting untuk mahasiswa ! jangan malu untukbertanya, asal kita sopan dalam bertanya.
 
3. Praktek soal
Mengingat bahwa akuntansi itu merupakan mata kuliah yang banyak praktek dan latihan maka mengharuskan mahasiswa untuk terampil dalam mengerjakan berbagai kasus keuangan yang terjadi baik di perusahaan jasa, perusahaan dagang, dan perusahaan manufaktur. Selain terampil dalm mengerjakan tugas, juga harus cepat dan tepat.
Sebenarnya, strategi belajar ini pada umumnya bisa diterapkan pada mata kuliah apa saja. Namun yang menjadi focus utamanya pada mata kuliah akuntansi. Belajarlah mengikuti alur angka dari bukti transaksi jurnal umum sampai laporan keuangan. Tahap berikutnya belajarlah melakukan interpretasi atas kondisi perusahaan berdasarkan pembukuan yang dibuat. Dengan demikian angka-angka itu akan punya makna dalam kehidupan kita kelak, apalagi bagi kalian yang ingin menjadi seorang auditor.

Daftar Pustaka :
 Seluruh keluarga besar SMAN 1 TOROH. 2016. Majalah Aksara : Majalah siswa SMAN 1 TOROH, Edisi 3. HatEdu.
 Sandy Makruf. 2016. Materi Pengantar Akuntansi Dasar dan Penjelasannya di http://www.akuntansilengkap.com ( diakses 10 Oktober 2018 )
 Wahyudin, Agus dan Muhammad Khafid. 2013. Akuntansi Dasar. Semarang : UNNES Press.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama