TEKNOLOGI DAN INFORMASI PEKERJAAN : MENAVIGASI ERA DIGITAL DI PASAR KERJA YANG BERUBAH

 

TEKNOLOGI DAN INFORMASI PEKERJAAN: MENAVIGASI ERA DIGITAL DI PASAR KERJA YANG BERUBAH

Penulis : Davina

 

Source : https://wyattafeharding.blogspot.com/2022/06/contoh-pekerjaan-pekerjaan-sains-dan.html


Di era digital saat ini teknologi dan informasi terus mengalami peningkatan,  yang berdampak pada pasar kerja dengan timbulnya perubahan cara kerja dan mencari pekerjaan. Sebelum era digital pencari kerja menemukan informasi lowongan pekerjaan dari koran ataupun pos. Namun,  setelah digitalisasi kini informasi pekerjaan dapat dicari melalui platform digital seperti, linkedln, jobsreet, jobs.id, dan lain-lain. Dengan adanya platform tersebuht  memungkinkan pencari kerja dapat mencari informasi mengenai lowongan pekerjaan secara online dan jaringan pencarian menjadi lebih luas. Perusahaan pun mendapatkan keuntungan dengan kemajuan transformasi digital di pasar kerja karena memiliki banyak pilihan pelamar kerja yang terbaik dan sesuai dengan  kebutuhan perusahaan.   

Kemajuan teknologi dan informasi yang cepat  menuntut sumber daya manusia untuk tanggap terhadap kemajuan teknologi dan informasi agar dapat menavigasi pasar kerja yang terdigitalisasi sehingga pekerja mampu beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah. Oleh karena itu, perlu adanya pelatihan terhadap sumber daya manusia sebagai landasn memahami era digital di pasar kerja agar dapat bersaing dalam lingkungan pasar kerja yang semakin berkembang.

Perusahaan perlu memiliki strategi transformasi digital dan sumber daya manusia yang memahami teknologi dan informasi pekerjaan di era digitalisasi ini. Dengan memanfaatkan teknologi untuk mencari kandidat karyawan yang cocok dan memenuhi kriteria perusahaan serta mempersiapkan karyawan untuk bekerja dalam lingkungan yang telah terdigitalisasi. Berikut ini adalah bentuk pelatihan kepada karyawan agar mampu menghadapi era digital di pasar kerja yaitu:

1.      keterampilan digital

kemampuan untuk menggunakan perangkat lunak dalam platform digital mencakup kemampuan desain grafis, manajemen media sosial dan alat komunikasi online yang sangat penting dalam pekerjaan.

2.      pendidikan dan pembelajaran berkelanjutan

teknologi yang semakin maju telah mengubah teknik pembelajaran yang dapat diakses secara online agar para karyawan dapat kesempatan memperbarui pengetahuan dan keterampilan secara fleksibel agar tetap relevan di pasar kerja.

3.      jaringan dan personal branding

platform media sosial dapat digunakan untuk membangun jaringan dalam personal branding, seperti Linkdln yang dapat membantu karyawan membangun value yang baik.



DAFTAR PUSTAKA

 

Hidayat, Z. (2015). Dampak Teknologi Digital terhadap Perubahan Kebiasaan Penggunaan Media Masyarakat. Laporan Penelitian Internal Dosen. Universitas Esa Unggul.

Erwin, E., Pasaribu, A. W., Novel, N. J. A., Thaha, A. R., Adhicandra, I., Suardi, C., ... & Syafaat, M. (2023). TRANSFORMASI DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama