INVESTASI PADA SDM INDONESIA : SEMAKIN PENTING DAN MENDESAK

 

https://www.suaradewata.com/read/202208060008/peningkatan-kualitas-sdm-indonesia-demi-tingkatkan-investasi.html

Indonesia di ambang pintu era emasnya di tahun 2045. Untuk mewujudkannya, investasi pada Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi kunci yang semakin penting dan mendesak. Investasi pada sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas, sangat penting bagi kelangsungan bisnis dan untuk mempertahankan posisi terdepan di industri. 

Mengapa demikian? Mari kita telusuri lebih dalam:

1. Bonus Demografi:

Indonesia akan mengalami bonus demografi, di mana penduduk usia produktif lebih banyak dibandingkan usia non-produktif. Hal ini membuka peluang besar untuk meningkatkan produktivitas dan pertumbuhan ekonomi. Ini adalah kesempatan emas untuk meningkatkan produktivitas dan daya saing bangsa.

Namun, bonus ini hanya akan bermanfaat jika SDM Indonesia memiliki keterampilan dan pengetahuan yang dibutuhkan di era digital dan industri 4.0.

2. Tantangan Global:

Dunia terus berkembang dengan pesat. Teknologi baru bermunculan, dan persaingan di berbagai sektor semakin ketat. Untuk tetap relevan dan kompetitif, Indonesia membutuhkan SDM yang adaptif, inovatif, dan menguasai teknologi

SDM yang unggul menjadi kunci untuk memenangkan persaingan dan mencapai kemajuan di berbagai bidang.

3. Meningkatkan Kualitas Hidup:

Investasi SDM bukan hanya untuk meningkatkan daya saing ekonomi, tetapi juga untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Dengan SDM yang berkualitas, produktivitas dan daya saing bangsa akan meningkat, sehingga tercipta lapangan kerja yang lebih banyak dan pendapatan yang lebih tinggi bagi masyarakat.

Semakin tinggi tingkat pendapatan maka tingkat kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat akan meningkat.


Berbagai Upaya Investasi SDM:

Pemerintah dan berbagai pihak terus berupaya untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia. Berikut beberapa contohnya:

  • Meningkatkan anggaran pendidikan: Pemerintah perlu meningkatkan anggaran pendidikan untuk memastikan semua anak Indonesia mendapatkan pendidikan yang berkualitas di semua jenjang, dari pendidikan dasar hingga tinggi. Pemerintah menargetkan alokasi anggaran pendidikan sebesar 20% dari APBN
  • Memperkuat pelatihan vokasi: Pemerintah dan swasta perlu bekerja sama untuk mengembangkan program pelatihan vokasi yang sesuai dengan kebutuhan industri agar SDM siap kerja.
  • Meningkatkan kualitas kesehatan: Akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas perlu diperluas untuk memastikan kesehatan dan stamina masyarakat serta terjangkau bagi seluruh masyarakat

Manfaat Investasi SDM:

  1. Peningkatan Produktivitas: SDM yang berkualitas akan meningkatkan produktivitas dan efisiensi di berbagai sektor.
  2. Pertumbuhan Ekonomi: Peningkatan produktivitas akan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi dan berkelanjutan.
  3. Pengurangan Kemiskinan: SDM yang kompeten akan meningkatkan peluang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan berpenghasilan tinggi, sehingga dapat membantu mengurangi kemiskinan.
  4. Peningkatan Daya Saing: SDM yang unggul akan meningkatkan daya saing bangsa di kancah internasional.
  5. Mewujudkan Indonesia Emas 2045: Investasi SDM yang tepat akan menjadi kunci untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045.

Kesimpulan:

Investasi pada SDM Indonesia adalah investasi jangka panjang yang akan memberikan manfaat besar bagi bangsa. Dengan SDM yang unggul, Indonesia dapat mencapai kemajuan di berbagai bidang dan mewujudkan cita-cita Indonesia Emas 2045.

Mari kita bersama-sama berinvestasi pada SDM Indonesia untuk masa depan yang lebih cerah!


Referensi:

Sumber kemenkopmk.go.id (04 Maret 2021) “Jalan Panjang Pembangunan SDM Indonesia” Diakses dari : https://www.kemenkopmk.go.id/jalan-panjang-pembangunan-sdm-indonesia

Sumber infobanknews.com (29 September 2023) “Sambut Indonesia Emas 2045, SDM jadi Investasi Paling Penting” Diakses dari : https://infobanknews.com/sambut-indonesia-emas-2045-sdm-jadi-investasi-paling-penting/

Sumber dapenppp.com (08 Juni 2023) “Investasi di Bidang Pendidikan, Pemerintah Berkomitmen Tingkatkan Kualitas SDM Indonesia” Diakses dari : https://www.dapenppp.com/investasi-di-bidang-pendidikan-pemerintah-berkomitmen-tingkatkan-kualitas-sdm-indonesia/

 

 

 

 


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama