MENGURAI KRISIS PASOKAN GLOBAL : KUNCI UNTUK STABILITAS EKONOMI

 

https://glints.com/id/lowongan/krisis-ekonomi/

Ketika kita berbicara tentang stabilitas ekonomi, salah satu faktor kunci yang sering diabaikan adalah pasokan global. Krisis pasokan dapat meruntuhkan rantai produksi, mengakibatkan kelangkaan barang, dan mempengaruhi perekonomian secara luas. Untuk memahami bagaimana krisis pasokan global dapat memengaruhi stabilitas ekonomi, kita perlu menjelajahi akar penyebabnya, dampaknya, dan langkah-langkah yang dapat diambil untuk mengatasinya.

Akar Penyebab Krisis Pasokan Global

Krisis pasokan global adalah kondisi ketika pasokan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat di seluruh dunia tidak mencukupi permintaan atau keadaan di mana perekonomian di suatu negara mengalami penurunan secara drastis.

Krisis pasokan global dapat muncul karena berbagai alasan, dan beberapa di antaranya meliputi:

1.    Gangguan di Rantai Pasokan : Salah satu penyebab utama adalah gangguan di rantai pasokan, seperti bencana alam, konflik geopolitik, atau masalah transportasi. Sebagai contoh, wabah COVID-19 mengakibatkan banyak pabrik dan pelabuhan tutup sementara, mengganggu aliran barang di seluruh dunia.

2.    Ketergantungan pada Pasokan Luar Negeri : Banyak negara bergantung pada impor untuk memenuhi kebutuhan dasar mereka. Jika pasokan dari luar negeri terganggu, hal ini dapat menyebabkan kelangkaan barang penting.

3.    Ketidakpastian Ekonomi : Ketidakpastian ekonomi dapat membuat perusahaan lebih hati-hati dalam merencanakan produksi dan stok. Akibatnya, pasokan bisa menjadi kurang stabil.

Dampak Krisis Ekonomi

Dampak krisis ekonomi merupakan suatu hal yang harus diatasi, terutama jika terjadi pada musim pandemi yang membuat masyarakatnya harus mengubah mata pencahariannya. Krisis ekonomi bisa dialami oleh sebuah negara, dikarenakan beberapa hal yang mengalami kesalahan ataupun penurunan.

Dampak krisis global sangat mempengaruhi perekonomian negara. Bahkan, dampak krisis ekonomi ini juga mempengaruhi berbagai sektor. Sektor-sektor ini mewakili setiap bidang atau bagian yang terdapat pada sebuah negara.

Adapun beberapa sektor yang dipengaruhi oleh dampak krisis ekonomi tersebut adalah sebagai berikut :

1.    Sektor Ekonomi : Dampak krisis ekonomi global terhadap perekonomian Indonesia antara lain adalah akan berpengaruh pada konsumsi rumah tangga masyarakatnya, di mana krisis ekonomi ini akan membuat terjadinya penurunan tingkat konsumsi dan daya beli rumah tangga dari masyarakat tersebut. Krisis ekonomi pastinya mengacu pada perubahan sektor perekonomian di Indonesia, sumbernya bisa dari domestik maupun luar negeri.

2.    Sektor Industri : Dampak krisis ekonomi global adalah penurunan perekonomian secara global yang drastis, dan berpengaruh atau berdampak pada banyak sektor. Sektor perindustrian salah satunya, di mana bidang industri di Indonesia begitu banyak. Semua itu dipengaruhi akan krisis ekonomi yang terjadi pada negara kita, sehingga industri di negara ini pun ikut merosot. Dengan menurunnya sektor industri, maka pemasukan negara pun juga berkurang.

3.    Sektor Pendidikan : Krisis ekonomi global ternyata juga sangat berpengaruh pada dunia pendidikan, karena pendidikan di Indonesia juga ada keterkaitan dengan perekonomiannya. Maka secara otomatis, dampak krisis ekonomi ini akan terjadi pada bidang pendidikan. Walaupun pendidikan adalah yang utama, tapi pada saat kondisi seperti ini sektor pendidikan pun hanya bisa mengikuti apa yang terjadi dengan dampak negatif dari krisis tersebut.

4.    Sektor Pertanian : Dampak krisis ekonomi bagi suatu negara akan terlihat pada sektor pertanian, karena sektor ini sangat mempengaruhi kehidupan masyarakat dan merupakan salah satu sektor yang dibutuhkan oleh masyarakat. Namun menurut faktanya, pada sektor pertanianlah yang cukup bisa bertahan terhadap goncangan krisis ekonomi ini. Karena, sektor ini tidak terlalu kelihatan dampaknya. Bahkan, dengan menurun atau berpengaruhnya sektor lainnya terhadap krisis ekonomi bisa dibantu oleh sektor pertanian ini.

5.    Sektor Pariwisata : Sektor pariwisata pun ternyata juga mendapat pengaruh atau dampak terhadap adanya krisis ekonomi ini,  karena dampak krisis global membuat negara menjadi sedikit rusuh dari berbagai bidang. Sehingga, membuat kondisi pariwisata menjadi kurang nyaman dan wisatawan luar negeri sedikit berkurang yang mempengaruhi pemasukan negara.

6.    Sektor Ketenagakerjaan : Krisis ekonomi sudah pasti sangat berdampak pada sektor ketenagakerjaan, karena pada saat terjadinya krisis ekonomi global membuat banyak perusahaan yang pemasukannya juga menurun dan mengakibatkan pengurangan tenaga kerja. Itulah dampak negatif yang terjadi pada sektor ini.

Mengatasi Krisis Pasokan Global

Untuk menjaga stabilitas ekonomi, diperlukan tindakan yang tepat dalam mengatasi krisis pasokan global. Beberapa langkah yang dapat diambil meliputi:

1.    Diversifikasi Pasokan: Negara dan perusahaan perlu berupaya untuk mengurangi ketergantungan pada pasokan tunggal atau dari wilayah tertentu.

2.    Investasi dalam Produksi Lokal: Mendorong produksi dalam negeri dapat membantu mengurangi risiko gangguan pasokan global.

3.    Strengthening Infrastruktur: Memperbaiki infrastruktur transportasi dan logistik dapat membantu mengatasi gangguan dalam rantai pasokan.

4.    Kerjasama Internasional: Kerja sama antarnegara dalam mengatasi masalah pasokan global dapat menghasilkan solusi yang lebih efektif.

Kesimpulan

Krisis pasokan global adalah ancaman serius terhadap stabilitas ekonomi. Untuk mengatasi masalah ini, perlu adanya langkah-langkah proaktif untuk mengurangi ketergantungan pada pasokan luar negeri, memperkuat produksi lokal, dan meningkatkan kerjasama internasional. Hanya dengan tindakan bersama kita dapat menjaga stabilitas ekonomi dalam menghadapi tantangan dari krisis pasokan global.

 

 

Referensi :

Glints.com. (20 Januari 2023). “Krisis Ekonomi : Mengenal Arti, Penyebab, Dampak, dan Cara Menyikapinya”. Diakses dari : Krisis Ekonomi: Pengertian, Penyebab, serta Dampak yang Diberikan (glints.com)

Kata data. (7 April 2020). “Globalisasi dan Rantai Pasok Dunia yang Terkunci Pandemi Covid-19”. Diakses dari :   Globalisasi dan Rantai Pasok Dunia yang Terkunci Pandemi Covid-19 - Telaah Katadata.co.id

CNBC Indonesia. (26 Oktober 2021). “Krisis Pasokan Global Kini Landa AS”. Diakses dari : Krisis Pasokan Global Kini Landa AS (cnbcindonesia.com)

Bi.go. (22 April 2022). “Strategi Memperkuat Ekonomi di Tengah Ketidakpastian Global”. Diakses dari : Strategi Memperkuat Ekonomi Di Tengah Ketidakpastian Global (bi.go.id)

Finansialku.com. (6 Januari 2021). “Inilah Dampak Krisis Ekonomi Global terhadap Berbagai Sektor”. Diakses dari : Inilah Dampak Krisis Ekonomi Global Terhadap Berbagai Sektor (finansialku.com)

Akseleran.co.id. (22 Desember 2020). “Ini Hal yang Bisa Dilakukan untuk Membantu Mencegah Krisis Global”. Diakses dari : Ini Hal yang Bisa Dilakukan Untuk Membantu Mencegah Krisis Global - Akseleran Blog


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama